mimpi.

Ibuku masih saja sakit ..mungkin sudah.

enam tahun lebih beliau menderita stroke..Kondisinya bukan membaik semakin lama semakin parah,pertama kali terkena stroke sekitar tahun 1998 dimana aku sudah.

bekerja di simetri sebuah perusahaan pembuatan panel listrik…Bangun tidur ibu menangis dan memanggil anak2nya (kami 43 bersaudara waktu itu sudah.

ada yang berkeluarga 89 saudaraku) dan tidak bisa menggerakkan kakinya..kami berhamburan bangun dan mencoba mengangkat badannya..tetap saja ibu tak bisa bangun …Dan sejak itu praktis ibu tidak bisa berjalan normal karena terkena stroke..sempat ibu sembuh dan bisa berjalan merambat …tapi beberapa bulan kemudian kambuh lagi… dan tidak bisa berjalan hanya bisa dibantu dengan kursi roda…
Ya ibu kini tidak bisa berbuat apa2 lagi tahun demi tahun berlalu tanpa ada perubahan yang berarti hingga menginjak enam tahun ini.

ibu tetap tidak ada perubahan mandipun harus anak2 yang memandikan secara bergantian makanpun kadang harus disuapin…Dan kemarin.

waktu aku ketempat ibu dia berkata aku sudah.

bosan…bosan minum obat ini.

lagi …kapan aku dipanggil oleh yang kuasa kenapa Tuhan begitu.

tega mencoba aku begitu.

lama..kalau aku memang banyak dosa padaNya aku mohon Tuhan ampuni aku dan lepaskan aku dari penderitaan ini.

begitu.

kata ibu sambil menangis..aku sedih sekali mendengarnya kutahan air mataku dan kutahan tangisku..sambil berkata sudahlah sabar bu ..kalau sudah.

tiba saatnya Tuhan menjemput saat itu akan tiba juga..tidak usah banyak pikiran ..tidak usah mengeluh dan tetap ingat Tuhan ..tetap rajin minum obat…gah usah mikiran anak2..biarkan saja toh mereka sudah.

dewasa sudah.

bisa mandiri dan bisa mencari makan sendiri..
Ah ibu andaikan kau tahu…Akupun tak tega melihat dirimu seperti itu…melihat kau hanya duduk termanggu didepan tv menunggu anak2 yang lain datang atau.

cucu ataupun Bapak yang waktu itu masih tegap bisa berjalan kemana saja dan masih bekerja…
Malam ini.

aku bermimpi buruk lagi ,..kenapa gigiku copot..dan aku menangis sedih..dan mendadak aku terbangun sambil menangis..Ah kenapa ini.

…apa arti mimpi.

ini.

apakah memang sudah.

saatnyakah itu terjadi…Aku hanya berdoa Oh Tuhan bila memang sudah.

kehendakMu ibu haruskah pergi sekarang bawalah dia dengan damai..tapi bila memang belum waktunya sembuhkanlah dia berikanlah kesenangan pada dirinya…
Pagi itu seperti biasa ibu aku mandikan…dan berjemur diteras dan bercerita bahwa dia bermimpi bisa berjalan lagi…Aduh ibu senang benar cuman sayang kenapa setelah bisa berjalan gigi ibu mendadak copot..deg aku aku kaget sekali lagi2 mimpi.

gigi copot..jangan2..ah sudahlah kubuang pikiran itu jauh2…

Leave a comment

Your email address will not be published.


*